Touchscreen Mulai Dominasi Pasar Smartphone


Ponsel dengan teknologi layar sentuh mulai mendominasi pasar ponsel cerdas dunia sejak kuartal keempat 2009. Analis pasar Canalys memperkirakan sepanjang kuartal terakhir 2009, ponsel touchscreen menguasai 55 persen pengapalan ponsel dunia.

Dibandingkan tahun 2008, jumlah pengapalan ponsel cerdas meningkat sekira 138 persen. Secara unit, jumlah ponsel touchscreen yang beredar di pasar mencapai 166 juta unit di akhir tahun lalu.


"Melihat tahun 2009, memang tak terlalu mengejutkan melihat Apple berada di posisi teratas untuk ponsel touchscreen, vendor lain seperti Nokia juga terus menguntit dengan mengeluarkan Nokia 5800 dan N97. Nokia merupakan vendor yang mengapalkan ponsel touchscreen terbanyak di tahun 2009," ujar Analis pasar dari Canalys, Tim Shepherd seperti dilansir
Cellular-News, Selasa (9/2/2010).

Melonjaknya jumlah ponsel touchscreen yang beredar juga turut mendongkrak potensi pasar. Canalys mengungkapkan dari 4.000 responden, 60 persen di antaranya menginginkan ponsel touchscreen.


Di tahun 2010, ponsel berteknologi layar sentuh itu akan berbicara di pasar. Sebab itu, faktor-faktor seperti desain User Interface (UI) akan menjadi kunci sukses bagi vendor ponsel memasarkan ponsel touchscreen tersebut.


"Hingga saat ini, posisi Apple di pasar memang masih sangat kuat, kemudahan untuk mengakses konten-konten aplikasi merupakan kunci untuk terus sukses, dan tak hanya pada iPhone kesuksesan sepertinya juga akan menghampiri iPad, gadget yang baru saja diluncurkan," ujar Canalys VP and principal analyst Chris Jones.


Kemampuan ponsel cerdas juga meningkat dari sisi konektivitasnya. Ponsel-ponsel yang memiliki konektivitas yang di dukung WI-Fi juga meningkat sekira 83 persen sepanjang kuartal ke empat.